Langsung ke konten utama

SOAL HOTS


SOAL HOTS (Higher Order Thinking Skills) 


HOT merupakan kemampuan berpikir individu pada tingkat yang lebih tinggi, meliputi cara berpikir secara kritis, logis, metakognisi, dan kreatif. Proses berpikir terkait dengan ingatan dan pengetahuan pada HOT memiliki porsi sangat kecil. Higher-order thinking meminimalisir kemampuan mengingat kembali informasi (recall) dan asesmen lebih mengukur kemampuan.
HOT terjadi ketika individu mampu menghubungkan informasi baru dengan informasi yang telah   dimiliki sebelumnya, kemudian membuat solusi untuk masalah pada konteks yang belum dikenal sebelumnya.

HOT menunjukkan pemahaman terhadap informasi bukan sekedar mengingat informasi.
Higher-order thinking termasuk menunjukkan pemahaman akan informasi dan bernalar bukan sekedar mengingat kembali/recall informasi. 

HOT (higher order thinking) memberi penekanan lebih pada proses:

  • Mentransfer fakta dari satu konteks ke konteks lain.
  • Memilih, memproses, dan menerapkan informasi.
  • Melihat keterkaitan antara beberapa informasi yang berbeda.
  • Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah.
  • Menguji informasi dan gagasan secara kritis.
Tipe Soal HOT dapat disajikan dalam bentuk :
  • Pilihan ganda
  • Menjodohkan
  • Isian singkat
  • Esai
  • Unjuk kerja
  • Portofolio

CONTOH SOAL HOTS


11.     Jika pada baris pertama terdapat 25 kursi, baris kedua 35 kursi, baris ketiga 50 kursi, dan baris keempat 70 kursi.
a.       Tentukanlah banyaknya seluruh kursi pada gedung pertunjukan sampai baris keenam!
b.      Apabila harga tiket baris pertama adalah yang paling mahal dan selisih harga tiket antara 2 baris yang berdekatan adalah 10.000 dengan asumsi bahwa semua kursi penuh. Tentukanlah harga tiket yang paling murah agar panitia memperoleh pendapatan sebesar 22.500.000.
Jawaban a.
25        35        50        70        95        125
        10       15        20        25        30
               5         5          5        5

 Baris ke lima sebanyak 95 kursi dan baris keenam sebanyak 125 kursi
Jumlah seluruh kursi digedung adalah
Baris 1+ Baris 2+ Baris 3+ Baris 4 + Baris 5 + Baris 6 = 25 + 35 + 50 + 70 + 95 +125
                                                                                         = 400 kursi

Jawaban b.
Jumlah kursi yang tersedia 400 kursi.
Misal harga tiket termurah x (dalam ribuan)
125x + 95x + 70x + 50x +35x + 25x =  22.500.000              
125x + 95(x+10.000) + 70(x+20.000) + 50(x+30.000) +35(x+40.000) + 25(x+50.000)
                                                                                                            = 22.500.000
125x + 95x+950.000 +70x+140.000 +50x+150.000+35x+1.400.000+25x+1.250.000)
                                                                                                            = 22.500.000
400x + 6.500.000 = 22.500.000
400x = 16.000.000                              (dikurang 6.500.000)
x = 40.000                                           (dibagi 400)



2      2. Untuk dapat diterima di fakultas teknik seorang mahasiswa harus lulus tes mmatematika dengan nilai tidak kurang dari 7, tes biologi minimal 5, dan jumlah nilai tes paling sedikit 13. Seorang calon mahasiswa dengan jumlah nilai 2 kali nilai matematika dari 3 kali nilai biologi adalah 30. Apakah calon mahasiswa tersebut dapat diterima?

Matematika > 7
Biologi > 5
x + y = 13 .................. (1)
2x + 3y = 30 .............. (2)


Eliminasi x pada pers 1(dikali 2) & 2
2x + 2y = 26
2x + 3y = 30  -
-y = -4
 y = 4                  (dikali -1)
subtitusi nilai y pada pers. 1
x + y = 13
x + (4) = 13
x = 9                            (dikurang 4)
Jadi, calon mahasiswa itu tidak diterima. Karena, nilai tes biologinya mendapat nilai 4.




 3.    3, 10, 21, ... . tentukan rumus umum dari deret tersebut!
Aritmatika bertingkat 2
3          10        21        36        55        78
       7           11       15        19         23
4          4          4        4

Rumus umum tingkat 2 = an2+bn+c
U1 = a(1)2 + b(1) + c = a+b+c
U2 = a(2)2 + b(2) + c = 4a+2b+c
U3 = a(3)2 + b(3) + c = 9a+2b+c
Sehingga diubah menjadi deret :
a+b+c          4a+2b+c         9a+2b+c
3a+b             5a + b
                            2a

Subtitusikan dengan deret asli
2a = 4
a = 2                      (dibagi 2)


3a+b = 7
3(2)+b = 7
b = 1                      (dikurang 6)

a+b+c = 3
(2)+(1)+c = 3
c = 0                      (dikurang 3)

rumus Un = an2 + bn + c
                = (2)n2+ (1)n + (0)
                = 2n2 + n



Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIMENSI DUA PERSEGI

PERSEGI PENGERTIAN PERSEGI Persegi  adalah bangun datar  dua dimensi  yang dibentuk oleh empat buah  rusuk    yang sama panjang dan memiliki empat buah  sudut yang kesemuanya adalah  sudut siku-siku . Bangun ini disebut juga sebagai  bujur sangkar . Perhatikan Gambar di bawah ini. Gambar di bawah ini adalah sebuah persegi ABCD. Bagaimana panjang setiap sisi dan besar setiap sudut persegi tersebut?   Jika Anda memperhatikannya dengan seksama, maka Anda akan memperoleh bahwa: sisi-sisi persegi ABCD sama panjang, yaitu AB = BC = CD = AD; sudut-sudut persegi ABCD sama besar, yaitu  sudut  ABC =  sudut  BCD = sudut  CDA =  sudut  DAB = 90°. sifat-sifat persegi sebagai berikut. Semua sifat persegi panjang merupakan sifat persegi. Suatu persegi dapat menempati bingkainya dengan delapan cara. Semua sisi persegi adalah sama panjang. Sudut-sudut suatu persegi dibagi dua sama bes...

Pembuktian Langsung

PEMBUKTIAN LANGSUNG “Pembuktian langsung adalah metode pembuktian yang menggunakan alur maju. Mulai dari pendefinisian sampai menghasilkan kesimpulan. Gampangnya  sih , “kalau A maka B dan kalau B maka C” hehe.  Nah , untuk menggunakan alur maju, maka pernyataan-pernyataan sebelumnya harus benar. Coba deh kamu buktikan pernyataan ini. “Jumlah dari dua bilangan genap adalah bilangan genap” Ya... kalau kita pikir-pikir, ya pasti sih, 2 + 2 = 4 dan 4 + 10 = 14. Tapi gimana ya buat bisa membuktikan kalau pernyataan itu berlaku buat semua bilangan genap? Coba perhatikan  deh  gambar di bawah. Jadi pertama kamu definisikan dulu  tuh  bilangan genap itu seperti apa. Bila definisinya sudah benar, lanjut ke pernyataan selanjutnya, maka penjumlahan kedua bilangan itu akan seperti apa. Kamu juga butuh sedikit memanipulasi penjumlahan itu agar bisa mendapat bentuk yang diinginkan. Setelah itu, lanjut  deh  ke kesimpulan. Ingat  lho , ...

Matematika Zaman Mesir Kuno

Sejarah Matematika Zaman Mesir Kuno Mesir adalah negara yang kaya akan peninggalan sejarah yang sungguh mengagumkan. Tidak hanya piramida yang masih berdiri kokoh namun meraka bangsa mesir dahulunya sudah mengenal matematika dan geometri sebagimana yang kita pelajari sekarang. Asas-asas matematika yang terdapat dimesir itu dimulai pada masa pemerintahan kerajaan beraja,   Firaun yang Masyur pada sekitar 3100 S.M. 1.      Papyrus Bangsa mesir kuno itu pada awalnya juga telah mengenal alat tulis sederhana menyerupai kertas yang disebut papyrus, papyrus ini ada 2 yaitu papyrus rhind dan papyrus moskow. Mereka membuat tulisan berbentuk gambar-gambar dengan menggunakan sejenis pena dengan tinta berwarna hitam atau merah. Papyrus adalah kertas kaku yang dibuat dari buluh papyrus. Orang mesir merekatkan lembaran menjadi gulungan perkamen. Tulisan Mesir Kuno diperkirakan berkembang pada tahun 3400 SM.   Tulisan pada zaman mesir ini ditulis dari kata papu...